Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Jaga Performa Motor Ninja 250 SL Dengan Perawatan yang Tepat



    Dunia otomotif mengenal motor ninja 250 SL sebagai salah satu seri motor sport yang sangat kokoh serta kuat di kelasnya. Fitur yang ada di dalam motor ini dan peforma yang maksimal membuat motor ini banyak diminati oleh beragam kalangan.

    Untuk menjaga kehandalan dan peforma dari motor Ninja 250 SL yang Anda miliki, pastinya dengan cara merawatnya dengan baik. Pentingnya merawat motor juga bertujuan agar tetap menjaga kenyamanan berkendara di jalan raya dan tetap aman ketika berkendara menggunakan motor.

    Nah, jika Anda masih belum mengetahui bagaimana cara merawat motor Ninja 250 SL bisa menyimak beberapa tipsnya di bawah ini :

    1. Pemakaian bahan bakar

    Dalam menggunakan bahan bakar yang sesuai, Anda bisa memakai pertamax atau pertamax plus. Tetapi jika Anda sedang mengalami krisis budget, bisa menggunakan pertamax yang dicampur dengan premium, dengan takaran 50:50, atau jika Anda memiliki budget yang cukup bisa menggunakan pertamax saja. Karena pemakaian jangka panjang motor juga akan semakin baik.

    2. Sistem pendingin (radiator)

    Selanjutnya cara merawat radiator mesin motor Ninja 250 SL. Fungsi mendinginkan mesin dikerjakan oleh radiator dengan cara mengalirkan air dingin mengelilingi blok mesin.

    Semakin suhu radiator terjaga, maka semakin terjaga pula suhu dari mesin kawasaki ninja. Radiator akan bekerja dengan maksimal jika air yang ada di dalamnya mempunyai suhu 70-80 derajat celcius.

    Jika suhu air yang ada dalam radiator naik hingga di atas 100 derajat celcius, maka mesin ninja tidak dapat bekerja dengan maksimal. Indikator suhu bisa menjadi naik pada posisi H atau high dan motor harus dalam keadaan mati.

    Sedangkan water coolant berfungsi agar suhu air di dalam radiator ninja bisa terjaga dalam suhu rendah. Nah, cara penggunaan water coolant bisa dimasukan ke dalam radiator yaitu dengan menguras air biasa yang ada dalam radiator, lalu masukan water coolant ke dalamnya.

    Jangan lupa ketika mengganti air harus dilakukan ketika radiator dalam kondisi yang dingin. Jika Anda melakukannya ketika kondisi panas, maka bisa berbahaya. Karena ketika tutup dari radiator dibuka, maka air panas akan keluar dan bisa berbahaya bagi penggunanya.

    3. Oli mesin

    Saat Anda membeli motor ninja baru, pakailah dengan pelan dan halus, jangan terlalu menarik gas dengan keras. Jika sudah mencapa km 2000, maka segera untuk mengganti oli mesin ninja.

    Gunakan oli mesin yang memiliki kualitas terbaik dan usahana menggunakan oli mesin yang sama dari awal pemakaian. Begitu juga dengan pemakaian oli samping, memilih oli samping yang kualitasnya bagus akan menjaga peforma dari mesin motor Anda.

    Biasanya, untuk oli mesin yang berkualitas, mempunyai kelebihan tidak menghasilkan asap knalpot dan baunya wangi.

    4. Merawat Injeksi

    Untuk perawatan injeksi motor ini, Anda perlu membawanya ke bengkel resmi yang profesional dan memang khusus untuk motor kawasaki ninja. Karena bagian ini memang harus ditangani oleh tenaga ahlinya.

    5. Mencuci motor

    Akan sama saja jika semua bagian mesin sudah dirawat dengan baik, namun tampilan motor sangat kotor. Tentu ini bisa menurunkan rasa percaya diri Anda sebagai pemakainya. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencuci secara berkala motor kesayangan Anda. Selain tampilannya yang bersih, Anda juga akan semakin terlihat menarik menggunakan motor ninja.

    Itu dia cara mudah merawat motor ninja 250 SL. Tentu hal tersebut bukanlah hal yang sulit, jika Anda berniat ingin menjaga peforma dari motor kesayangan Anda. 






    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ad728